Latest News

Cara Merawat Baterai Laptop dengan Benar

Yuhu, apa kabar pengunjung Gilang's Blog, semoga baik-baik saja ya.
Nah kali ini saya akan sharing tentang bagaimana Cara Merawat Baterai Laptop yang benar. Saya tertarik berbagi ini karena dahulu saat saya diberi hadiah laptop baru oleh Ayah (yey :D) saya ingin menjaganya termasuk baterainya supaya awet, hehe.
Langsung aja ya..

1. Cas dahulu baterai saat pertama kali memakainya
Tips pertamanya datang dari kondisi pertama juga, yap benar sekali, saat pertama kali memakainya sebaiknya baterai di cas terlebih dahulu selama kurang lebih 8-10 jam. Ini dikarenakan baterai tersebut tidak dipakai dalam jangka waktu yang lama/di simpan di gudangnya, analoginya kayak di olahraga harus pemanasan dulu biar nggak cedera dan lebih lancar olahraganya.



2. Kalau memakai laptop, sebaiknya cas saja walaupun sudah penuh
Loh? Bukannya kalau sudah penuh harus dicabut ya?
Nggak perlu, baterai sekarang udah canggih, ia akan stop charging sendiri kalau baterainya sudah penuh dan otomatis akan switch ke penggunaan listrik langsung. Pemakaian baterai kalau memang benar diperlukan saja, seperti saat mati lampu atau saat pengecasan tidak memungkinkan untuk dilakukan.

3. Jangan gunakan baterai sampai kondisi kritis.
Ini sangat jelas sekali, jangan gunakan baterai sampai kondisi sekaratnya yaitu dibawah 20%-an karena itu akan mengurangi umur baterai laptop kita. Nah, Anda bisa membuat pengingat dengan fitur Power Management agar tidak kebablasan tiba-tipa langsung mati aja, hehe.

4. Jangan lepas baterai
Karena sangat berbahaya apabila listrik tiba-tiba mati, itu bisa merusak komponen laptop Anda baik itu hardisk, motherboard dll. Selain itu agan tau nggak kalau baterai juga berfungsi sebagai pengontrol arus yang masuk, jadi jangan lepas baterainya ya.

5. 5 menit sebelum dan sesudah memakai, di cas dahulu
5 menit sebelum fungsinya untuk pemanasan, jadi baterainya nggak langsung kerja berat.
Sedangkan 5 menit sesudah itu sebagai relaksasi untuk kembali ke keadaan stabil setelah kerja berat.

6. Saat hanya menggunakan baterai, jangan bekerja berat
Hal ini dikarenakan, penggunaan baterai tidak dirancang untuk kerja berat, lebih baik bila ingin bekerja berat sambil di cas saja dan di set ke mode High Performance agar prosesnya lebih cepat :D.

7. Suhu yang optimal
Yang ini sangat jelas sekali, karena musuh dari alat elektronik seperti laptop salah satunya adalah suhu. Suhu yang ekstrim akan akan menurunkan performa dari baterai, lebih baik lagi kalau menggunakan laptopnya di ruangan yang ber-AC, adeem..

Yap, sekian tips Cara Merawat Baterai Laptop dari Gilang's Blog.
Semoga bermanfaat bagi sobat semua.
Sampai jumpa di postingan selanjutnya.. :)

7 Responses to " Cara Merawat Baterai Laptop dengan Benar "

  1. Ini baru tips batre yang bener, tips di situs lain ngawur semua, hahahaa, thanks guys!

    ReplyDelete
  2. gimana sih cara ngetahui klo laptop yang di pake ada pemutus arusnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lihat di device manager gan, ntar di bagian batteries cari driver ACPI, kalau ada berarti udah support.

      Delete
  3. oke deh tips nya sudah aku lakukan nih :D

    ReplyDelete
  4. Untuk tips no 4: Jangan lepas baterai, nah sebelumnya saya pernah membaca artikel, kalau menggunakan laptop sambil dicolok bagusnya baterainya dicopot. Sebenarnya yang benar yang mana ya, mohon informasinya. Thanks

    mampir mas pengguna laptop

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang benar itu yang resikonya kecil gan.
      Melepas baterai dan hanya menggunakan colokan listrik langsung justru lebih beresiko terhadap hardware agan, dalam kasus ini seperti mengenai kestabilan listrik di tempat agan.
      Namun yang lebih beresikonya lagi, apabila di tempat agan terjadi mati listrik, yang mana notebook akan langsung mati, ini lebih beresiko lagi terhadap hardware.
      KIta tahu bahwa harga hardware(mobo,proc,hdd, dan jeroan lainnya) lebih mahal daripada harga baterai. Disisi lain baterai juga memiliki masa pakai, tapi tidak secepat itu kok masa pakainya habis :)

      Delete

Silahkan Berkomentar, asal jangan SPAM...